Apa itu Marka Jalan

Apa itu Marka Jalan?

Marka jalan (atau line marking) adalah penerapan cat atau bahan pada permukaan jalan, trotoar, beton atau aspal untuk menyampaikan informasi kepada pengendara dan pejalan kaki.

Di mana marka jalan dicat?

Marka jalan dapat diterapkan pada berbagai permukaan di jalan raya dan jalan raya, trotoar, lapangan terbang, tempat parkir mobil, trek balap, lapangan olahraga, dan kompleks rekreasi.
Marka jalan mana yang harus Anda gunakan?

Bergantung pada negara, wilayah, dan tujuan, marka jalan menggunakan sistem garis, warna, dan tanda standar untuk menyampaikan arah, jalur, zona, batas kecepatan, tempat parkir, pemberhentian, dan keselamatan.

Bagaimana marka jalan diterapkan?

Marka permukaan jalan diterapkan menggunakan mesin marka jalan atau dengan tangan oleh para profesional terlatih menggunakan peralatan marka jalan non-mekanis. Untuk simbol, stensil digunakan untuk akurasi.

Baca Juga : Musim Hujan Tiba, Gunakan Waterproofing Membrane Pada Dak Bangunan

Bahan apa yang digunakan untuk marka jalan?

Perusahaan marka jalan akan memilih cat atau bahan yang sesuai dengan permukaan dan marka yang dibuat. Misalnya, cat yang berbeda akan digunakan untuk area lalu lintas tinggi, umur panjang, anti selip, kedap air, atau sifat reflektif.

Cat berbahan dasar air, termoplastik, MMA, pita polimer, dan resin epoksi adalah bahan yang paling umum digunakan untuk marka jalan dan lantai.

Bagaimana Marka Jalan Dibuat?

Marka jalan (juga disebut marka garis atau marka jalan) bisa diaplikasikan dengan menggunakan berbagai bahan dan cat tergantung pada permukaan dan marka yang dibuat. Bahan ini masing-masing memiliki sifat yang berbeda, seperti anti selip, reflektifitas, umur panjang dan performa.

Bahan yang paling sering digunakan pada marka jalan dan lantai adalah:

  • Termoplastik
  • Cat berbahan dasar air
  • MMA
  • Resin epoksi

Marka Jalan Termoplastik

Cat marka jalan termoplastik adalah bahan yang paling disukai untuk marka jalan karena sifatnya yang tahan pakai dan reflektif, sehingga ideal untuk jalan dengan lalu lintas tinggi dan jalan raya. Ini diterapkan pada permukaan jalan dengan semprotan setelah pemanasan hingga 180 derajat Celcius, itulah mengapa kadang-kadang disebut cat tanda lelehan panas atau pita panas.

Untuk gesekan permukaan ekstra dan reflektifitas, manik-manik kaca dan pengisi sering ditambahkan ke cat untuk meningkatkan keamanan. Pita termoplastik yang telah dibentuk sebelumnya juga dapat digunakan untuk menandai garis.

Cat Marka Jalan Thermoplastic

Cat Marka Jalan

Cat berbahan dasar air yang digunakan untuk marka jalan bersifat low-profile dan anti slip sehingga ideal untuk landasan pacu lapangan terbang dan trek balap, yang tidak boleh ada puing benda asing di permukaannya. Ragam warnanya yang luas juga menjadikannya pilihan tepat untuk tempat parkir mobil, pelabuhan pengiriman, permukaan paving blok, gudang, dan tempat pengangkutan. Ini lebih ramah lingkungan daripada opsi lain dan memiliki sifat keamanan yang sangat baik.

Cat Marka Jalan Plastik Dingin MMA

MMA (Methyl Methacrylate) adalah plastik dingin bebas pelarut yang memiliki manfaat untuk cat dan termoplastik. Ini sangat tahan lama dan tahan warna dengan baik tanpa memudar, membuatnya sempurna untuk area lalu lintas tinggi, persimpangan, bundaran dan penyeberangan pejalan kaki. Ini diterapkan dingin dan cepat kering, yang memungkinkan pekerjaan selesai lebih cepat.

Baca Juga : Bengkel Bubut Gunung Putri Harga Murah

Sebagai kontraktor utama untuk grooving landasan pacu di seluruh dunia, Mitra Dua telah menyaksikan diskusi terkini mengenai grooving trapesium versus grooving lapangan udara tradisional dengan minat yang besar.

Apa itu Runway Grooving?

Runway grooving secara signifikan meningkatkan tekstur makro dan drainase di landasan pacu lapangan terbang dan mengurangi risiko hydroplaning, sehingga pilot lebih mudah dan aman untuk mengontrol dan mengerem pesawat dalam cuaca basah. Perhatikan gambar di bawah ini untuk melihat seberapa efektif grooving itu.

Grooving bekerja dengan memotong alur pada aspal atau beton dengan bilah berlian untuk membuat saluran di permukaan tempat hujan keluar, sehingga menghentikan air yang mengendap di permukaan, yang dapat menyebabkan penyaradan. Alur pada runway bertindak seperti alur tapak ban kendaraan. Alur ini dipotong melintang ke arah perjalanan. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan gesekan permukaan runway yang basah.

Apa itu Trapezoidal Grooving?

Alur trapesium (atau alur berlian) adalah alur berbentuk berbeda dengan alur tradisional. Kedalamannya sama (1/4 inci) tetapi lebih lebar di bagian atas dengan jarak yang lebih lebar di antara setiap alur (terpisah 2,25 inci dibandingkan dengan jarak 1,5 inci). Sumber: FAA

Prosesnya, yang sedang diperjuangkan dan dipromosikan secara besar-besaran oleh perusahaan grooving Amerika yang besar, menggunakan penampang bilah yang berbeda yang menciptakan bentuk trapesium (atau berlian) daripada alur berbentuk persegi saat ini.

Metode Grooving mana yang Terbaik?

Juri sedang mencari tahu apakah alur trapesium lebih baik untuk keamanan dari waktu ke waktu – pada saat ini. Kami belum memiliki cukup data untuk waktu yang cukup lama untuk mengetahuinya.

Namun, sebuah penelitian telah dimulai dengan berbagai uji coba yang berlangsung di AS.

Data saat ini mendukung hipotesis bahwa alur trapesium memberikan pembuangan air yang lebih baik ketika permukaan baru dipotong, yang masuk akal karena mereka memotong penampang aspal yang lebih besar. Ini masalah fisika sederhana bahwa alur atau saluran dengan lebar 8mm di bagian atas, dan 4mm di bagian bawah dan dalam 4mm memiliki luas penampang yang lebih besar daripada yang berukuran persegi 4mm x 4mm.

Hasil juga menunjukkan alur berbentuk berlian berpotensi mengurangi jumlah karet yang menumpuk di dalam alur, yang menurut kami sangat menggembirakan. Namun, meski alur trapesium mungkin menunjukkan berkurangnya penumpukan karet di awal masa pakai alur (karena tidak ada tepi siku-siku untuk mengangkat karet), hal ini dapat berubah seiring waktu.

Poin penting untuk dipertimbangkan adalah bahwa semua uji coba ini telah dilakukan pada instalasi baru. Kita semua tahu akan ada beberapa keausan yang terjadi pada sudut alur selama hidup dan inilah yang ingin kita pelajari lebih lanjut.

Dalam kasus alur tradisional, karena permukaan menua dan teroksidasi perlahan, alur melebar di tepi atas menjadi bentuk yang sedikit lebih trapesium. Hal ini, bersama dengan peningkatan tekstur mikro aspal seiring bertambahnya usia, akan menunjukkan peningkatan umum dalam gesekan saat alur bergerak menuju paruh baya.

Kami sangat tertarik untuk melihat studi panjang sehingga hasil yang sebanding dapat diukur selama umur aspal. Ini akan memberi kita perbandingan yang sebenarnya antara kedua metode grooving.

Siapa yang Menawarkan Grooving Trapesium?

Sejauh menyangkut pelanggan kami di Mitra Dua selaku kontraktor marka jalan terpercaya. kami dengan senang hati memberikan metode grooving mana pun, meskipun, karena paten yang diajukan oleh organisasi Amerika, sayangnya saat ini biaya untuk grooving trapesium meningkat. Apakah ada keuntungan jangka panjang dalam membayar biaya yang lebih tinggi untuk trapesium itu tidak diketahui.

Kami akan terus mengabari Anda tentang temuan baru saat kami mempelajarinya, dan kami sangat senang membahas debat ini secara lebih mendetail.